Sabtu, 09 Maret 2019

Pengertian Linguistik CR Wikipedia Bulan Ramadlan

Wikipedia Bulan Ramadlan ::: Pengertian Linguistik CR Wikipedia Bulan Ramadlan
Linguistik teoretis adalah bidang penelitian bahasa (linguistik) yang dilakukan untuk mendapatkan kaidah-kaidah yang berlaku dalam bahasa manusia pada umumnya (Kridalaksana, 2008). Bidang-bidang yang secara umum dianggap sebagai inti linguistik teoretis adalah fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Linguistik teoretis juga terlibat dalam pencarian universal linguistik, yaitu sifat umum yang dimiliki semua bahasa.

Cara Baca Linguistik: "li·ngu·is·tik"

Arti Linguistik Menurut KBBI:

1. Ilmu tentang bahasa
2. Telaah bahasa secara ilmiah

Contoh Kaitan Linguistik:

Linguistik deskriptif:
1. bidang linguistik yang menyelidiki sistem bahasa pada waktu tertentu.
2. pendekatan linguistik dengan mempergunakan teknik penelitian lapangan dan tata istilah yang sesuai untuk bahasa yang diselidiki.
Linguistik diakronis:
linguistik historis-komparatif.
Linguistik historis: cabang linguistik yang menyelidiki perubahan jangka pendek dan jangka panjang dalam sistem bunyi, gramatika, dan kosakata satu bahasa atau lebih.
Linguistik historis-komparatif: bidang linguistik yang menyelidiki perkembangan bahasa dari satu masa ke masa yang lain, serta menyelidiki perkembangan satu bahasa dengan bahasa lain.
Linguistik komparatif: cabang linguistik yang mempelajari kesepadanan fonologis, gramatikal, dan leksikal dari bahasa yang kerabat atau dari periode historis dari satu bahasa;
Linguistik komputasi: cabang linguistik yang menggunakan teknik komputer dalam penelitian bahasa dan kesusastraan, antara lain, dengan mesin penerjemahan dan sintaksis wicara;
Linguistik terapan: istilah umum bagi pelbagai cabang linguistik yang memanfaatkan deskripsi, metode, dan hasil penelitian linguistik untuk pelbagai keperluan praktis.

Etimologi adalah bagian dari Linguistik, dan silahkan anda baca Pengertian Etimologi CR Wikipedia Bulan Ramadlan
Ada banyak cabang dari Linguistik dan selain Etimologi masih ada Morfologi, Sintaksis dll.

Dalam penyelidikan pastinya masih terkait masalah waktu/zaman, namun tidak sedikit ternyata ada perubahan bahasa yang terpengaruhi oleh waktu, namun dalam penelitian tidak disebutkan faktor waktu yang mempunyai peran terjadinya perubahan tersebut. dan semestinya hal tsb masuk kepada penyelidikan Linguistik Historis.
Salah satu contoh yang saya bahas ini, bagaimana kata "Ello" kata ganti "Kamu" bisa terjadi, apa penyebabnya, faktor zaman apa anasir kata "Ello/loe"?.
atau anda juga bisa melihat bagaimana perbandingan kalimat Filsafah, Filsafat, Filosofi dan فلسفة/فلسافة Bagaimana waktu masuknya kata filsafah di dunia arab dan lain sebagainya menurut ketentuan Linguistik terkadang masih belum terpenuhi secara maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
https://wikipediabul.blogspot.com